Friday, December 14, 2012

Sekilas tentang Legoland Malaysia

Begitu denger bahwa Legoland mau buka di Malaysia, wah saya girang sekali.. Soalnya Lego itu mainan favorit saya waktu kecil. Sampai-sampai dulu waktu kecil pengen bikin rumah sama mobil dari Lego. Sampai sekarang pun koleksi Lego saya waktu kecil masih tersimpan rapi (penuh debu dirumah). Apa sih Legoland itu? Legoland itu theme park sama seperti Disneyland/Universal Studios dengan tema mainan Lego. Jadi permainan dan bangunan-bangunannya dibuat seperti dari Lego. Ada juga miniatur bangunan didunia yang dibuat dari Lego. Legoland ini permainannya kebanyakan ditujukan untuk anak-anak. Jarang ada permainan ekstrim seperti Battlestar Galactica yang ada di USS. Pertama kali dibuka di negara asalnya Lego yaitu Denmark tahun 1968, Legoland Malaysia merupakan Legoland pertama (tadinya pertama ada di Dubai, namun pembangunannya tertunda) dan saat ini satu-satunya di wilayah Asia (nantinya akan ada di Jepang dan Korea). Walaupun saya sendiri belum pernah kesana, gak ada salahnya kalau saya share sekilas tentang Legoland Malaysia ini. Kali aja liburan Natal atau Tahun Baru ini ada yang mau jalan-jalan kesana.



Legoland Malaysia ini masih gress banget alias baru buka tanggal 15 September 2012. Lokasinya ada di Nusajaya, Johor, Malaysia. Untuk mencapai sini bisa naik bus dan shuttle bus dari Johor Bahru atau Singapore. Kalau dari Singapore bisa naik MRT sampai stasiun Boon Lay atau Jurong East ke CIQ 2nd Link (perbatasan Singapore Malaysia) lalu disambung dengan bus no. JPO 2 tujuan CIQ 2nd Link - Legoland - JPO dengan harga RM 2 atau kalau ga mau repot bisa naik Shuttle Bus dari Singapore Flyer ke Legoland Malaysia PP seharga SGD 20/pax udah termasuk RM 5 meals voucher Legoland dengan keberangkatan setiap setengah jam sekali dari jam 08.30 - 10.30.

Legoland buka mulai dari pukul 10.00 sampai 18.00 saat weekday dan pukul 10.00 sampai 20.00 saat weekend, libur nasional dan libur sekolah. Harga tiketnya bisa dibeli ditempat seharga RM 140 (dewasa) dan RM 110 (anak maks 11 tahun dan 60 tahun keatas).

Peta Legoland Malaysia

Legoland Malaysia terdiri dari 7 area dengan tema yang berbeda dengan lebih dari 40 permainan, show dan atraksi. Langsung aja kita bahas satu per satu.

The Beginning

Bagian ini adalah pintu gerbang dari Legoland. Disini juga ada toko yang menjual Lego yang bernama The Big Shop.

Lego City

Legoland Express
Sesuai namanya, area ini bertemakan perkotaan. Lego City ini diperuntukkan benar-benar untuk anak-anak. Disini anak-anak dapat mencoba kegiatan-kegiatan yang biasa dilakukan oleh orang dewasa. Mungkin kalau disini seperti di Kidzania lah. Ada Rescue Academy dimana dalam permainan ini anak-anak bertugas memadamkan kebakaran dan menangkap maling. Lalu ada Lego City Airport yaitu permainan menerbangkan pesawat terbang sama seperti Gajah Bleduknya (kalau ga salah) Dufan. Lalu anak-anak bisa juga mencoba menyetir mobil dan perahu sendiri di Driving School dan Boating School. Ada juga permainan ketangkasan dimana anak-anak bisa memanjat dan ada perosotan di The Shipyard. Tak ketinggalan juga Legoland Express yaitu kereta wisata yang akan membawa kita berkeliling Legoland.



Rescue Academy
Miniland

Miniland ini adalah area dimana terdapat miniatur bangunan-bangunan terkenal dari 17 negara di Asia seperti Merlion, Petronas Twin Tower , Wat Arun, Taj Mahal dan Tanah Lot yang terbuat dari Lego. Miniatur disini buat selama 3 tahun dengan lebih dari 30 juta balok Lego.

Wat Arun Bangkok
Marina Bay Singapore

Land of Advanture

Area ini temanya petualangan dengan desain bertemakan Mesir dan zaman dinosaurus. Teman-teman bisa mencoba Lost kingdom yaitu permaianan menembak dengan laser seperti perang bintang di Dufan, Beetle Bounce yaitu Hysteria yg di Dufan namun versi mininya setinggi 15 meter, Dino Island yaitu Log Flume Ride (niagara) dengan tema zaman dinosaurus dan Pharaoh Revenge yaitu permainan menembak dengan bola.

Beetle Bounce
Dino Island

Imagination

Area ini terdapat wahana 4D di Lego Studios yang menayangkan Lego Racers 4D. Lalu untuk anak kecil terdapat Duplo Express yaitu kereta seperti yang banyak di mall-mall, lalu ada Duplo Playtown. Bagi yang ingin melihat pemandangan dan keseluruhan area dari Legoland bisa mencoba Observation Tower setinggi 50 meter dan juga Kids Power Tower untuk anak-anak. Wahana edukasi juga terdapat disini dimana anak-anak dapat menciptakan alat dari Lego dan mencoba hasilnya.

Kids Power Tower (kiri) Observation Tower (kanan)
Lego Kingdom

Area ini temanya kerajaan dengan setting mirip-mirip kerajaan di inggris abad pertengahan. Di area ini ada 2 mini coaster yaitu Dragon's Apprentice dengan desain keretanya dari kayu dan yang lebih menantang yaitu The Dragon dengan desain keretanya naga. Ada juga Merlin's Challenge yaitu komedi putar dengan desain kereta kayu lalu ada Royal Joust yaitu kereta dengan desain kuda. Selain itu ada juga bangunan replika benteng kerajaan dan area permainan anak-anak di The Forestman's Hideout.

Royal Joust (kiri) dan Castle Stage (kanan)











Lego Technic

Mungkin di area ini satu-satunya yang mempunyai wahana yang agak menantang. Disini terdapat Roller Coaster utama setinggi 18 meter yang bernama Project X. Wahana lain yang agak menantang yaitu Aquazone Wave Racer dimana kita serasa kebut-kebutan diair yang bisa membuat kita basah kuyup dan yang terakhir Technic Twister yaitu permainan yang akan membuat kita pusing karena diputa-putar. Selain itu disini terdapat wahana edukasi berbasis Lego yaitu Lego Mindstorms dimana anak-anak dapat mengikuti workshop membuat robot dari Lego dan Lego Academy dimana anak-anak dapat belajar membangun Lego.



Project X (kiri) danAquazone Wave Racers (kanan
Bagi yang suka belanja jangan takut, disetiap theme park pasti ada toko yang jual souvenir tak terkecuali di Legoland Malaysia. Teman - teman bisa membeli Souvenir Legoland dan Lego di toko Lego terbesar se Asia di The Big Shop seperti yang sudah saya ceritakan diatas. Ada juga The Bricks Shop yaitu toko yang menjual parts-parts Lego secara "ketengan". Di dalamnya mirip seperti toko permen loh. Ada juga toko yang menjual baju-baju anak kecil bertemakan kerajaan di King's Market. Buat yang suka ngemil juga terdapat mini market.

The Brick Shop
Main udah, belanja udah, sekarang waktunya isi perut. Untuk umat muslim yang bisanya susah mencari makan di theme park tidak berlaku di Legoland Malaysia. Semua makanan disini dijamin 100% Halal. Teman - teman bisa mencoba makanan italy seperti pizza di Pizza Mania, atau makanan asia di Robot Kitchen, atau junk food seperti burger & hot dog di Jungle cafe atau hanya ingin santai melepas lelah dengan ngopi dan makan kue di The Cafe. Untuk yang suka restoran ala food court bisa ke Market Restaurant dengan pilihan makanan western atau asian. Untuk yang hanya ingin ngemil bisa ke Snack Bar membeli popcorn atau waffle.

Pizza Mania (kiri) dan Market Restaurant (kanan)

Kalau dilihat secara keseluruhan, Legoland Malaysia ini memang menjadi surga bermainnya anak-anak kecil karena biasanya memang theme park ditujuan untuk remaja hingga dewasa sehingga sedikit sekali permainan untuk anak kecil. Untuk teman-teman yang ingin memacu adrenalin dengan permainan-permainan ekstrim dan menantang sepertinya akan kecewa datang kesini. Namun apabila untuk sekedar liburan berkunjung kesini dan  mencoba seperti apa Legoland Malaysia saya rasa cukup worth to try karena selain pertama di Asia, didalamnya juga banyak terdapat spot-spot foto yang unik dan menarik terlebih bagi penggemar Lego seperti saya. Harapan saya semoga Indonesia dapat menghadirkan theme park dengan taraf internasional seperti Six Flag atau Movie World seperti di Australia.

Semoga review ini dapat membantu teman-teman yang akan berkunjung kesana. Doakan semoga saya juga bisa kesana. Nantikan lagi review-review tujuan wisata terbaru selanjutnya.

Salam hangat dan tetap semangat

Sumber berita dan foto: wikipedia, www.legoland.com.my dan google.com

Sunday, December 9, 2012

Tips jalan - jalan ke Universal Studios Singapore

Hari ini karena kerjaan lagi ga banyak (atau bahasa kerennya emang lagi ga ada kerjaan), saya akan coba sharing tips jalan-jalan ke Universal Studios Singapore (USS) agar dalam waktu satu hari dapat mencoba semua wahana atau paling tidak mencoba wahana-wahana yang wajib dinaiki. kan rugi udah tiketnya mahal dan jauh-jauh ke USS tapi ga naikin semua wahananya.

Yang pertama kita bahas adalah pembelian tiket. Tiket USS bisa beli 1 Day Pass atau 2 Day Pass. Kalau teman-teman nginepnya di daerah Sentosa Island dan mau puas-puasin di USS bisa beli yang 2 Day Pass, namun kalau nginepnya di daerah lain dan waktunya tidak banyak, beli aja yang 1 Day Pass. Usahakan datang pada weekday karena pasti lebih sepi dan harga tiket lebih murah. Oiya, kalau bisa dari Jakarta teman-teman sudah membeli tiket USS. Selain tidak usah ngantri beli tiket di loket USS, beli di travel agent Jakarta juga lebih murah daripada beli on the spot (bisa beda sekitar SGD10).

Contoh Tiket Universal Studios Singapore beli di Jakarta

Yang kedua kita bahas adalah cara sampai kesananya. Kalau di Singapore ga usah bingung sama transportasi. Gampang banget untuk menuju ke USS, bisa naik taxi, bus atau MRT. Saya sih menyarankan untuk naik MRT karena lebih gampang dan cepat dibanding naik bus. Tinggal cari MRT yang kearah Harbour Front, bisa North East Line (jalur warna ungu) atau Circle Line (jalur warna kuning) tergantung lebih dekat yang mana. Stasiun Harbour Front itu berada di basement mall Vivo City. Setelah itu untuk sampai USS bisa pilih mau jalan kaki, naik monorel (Sentosa Express), naik bus atau kalau kelebihan duit bisa naik cable car. Pilihan yang cepat dan tepat sih naik Sentosa Express.

Sentosa Express to Resort World Sentosa

Yang ketiga, usahakan sampai di USS pagi hari. USS buka pukul 10.00 am jadi kalau bisa sebelum pukul 10.00 udah sampai disana. sambil menunggu pintu gerbang dibuka bisa foto-foto di bola dunia Universal Studios yang terkenal itu atau coba jalan-jalan di Sentosa Island.

Yang keempat, bila pintu gerbang sudah dibuka, segera ambil peta USS buat jadi pegang selama disana. Petanya berisi lokasi wahana, restoran, toilet, dsb. Sambil antri wahana juga bisa kita pelajari area USS. Begitu masuk, ambil arah kanan terlebih dahulu karena wahana wajib lebih banyak berada disebelah kanan.
Mulailah dengan memasuki wahana Lights! Camera! Action! terlebih dahulu dilanjutkan dengan Transformers: The Ride (yang ini kalau siang ngantrinya bisa 1-2 jam) lalu Battlestar Galactica: Human untuk pemanasan lalu disambung dengan Battlestar Galactica: Cylon. Sempatkan untuk makan siang lalu lanjut untuk nonton show Water World. Untuk yang mau basah bisa duduk di area depan. Selesai dari Water World, lanjutkan dengan Shrek 4-D Adventure lalu Revenge of The Mummy: The Ride dan disambung dengan Jurrasic Park Rapids Adventure untuk basah-basahan. Terakhir baru coba Madagascar: A Crate Adventure. Setelah semua wahana diatas berhasil untuk dicoba barulah teman-teman dapat mengantri untuk mencoba wahana lain seperti Canopy Flyer, Treasure Hunters, Donkey Live, Enchanted Airways, dll.

Peta Universal Studios Singapore
Yang kelima, jangan berbelanja dan berfoto-foto terlebih dahulu. Lebih baik mencoba semua wahana wajib terlebih dahulu baru kemudian setelah semuanya dicoba baru sisa waktu dapat dipergunakan untuk foto dan berbelanja kecuali apabila menemukan karakter-karakter film seperti Marilyn Monroe, Shrek, Kungfu Panda,dll wajib hukumnya buat foto karena kita tidak tau lagi kapan karakter tersebut akan muncul lagi. Jadi selagi sempat dan ada langsung saja ngantri untuk foto bersama mereka.

Karakter Sesame Street sedang beraksi

Yang keenam, bila hobi fotografi dan suka membawa kamera SLR, disarankan tidak perlu membawa tripod karena disana banyak staff-staff USS yang akan dengan senang hati membantu teman-teman untuk foto.

Yang ketujuh, jika masih ada permaianan wajib yang belum dinaiki tapi antriannya sudah panjang, manfaatkan jalur antrian "single rider". Jalur ini sangat membantu sekali menghemat waktu. Pengalaman saya waktu kesana, kami sengaja naik Jurassic Park Rapids Adventure diakhir kunjungan kami. Namun begitu sampai disana, antrian sudah lebih dari 40 menit sementara kami harus mengejar nonton show songs of the sea jam 17.30. Loker penitipan barang-barang juga sudah tidak bisa gratis lagi karena antrian sudah lebih dari 30 menit (kalau tidak salah loker free untuk 30 menit pertama). Akhirnya kami memutuskan untuk naik secara gantian melalui jalur single rider dan antriannya kosong sekali dan langsung dapat tempat di boatnya.

Jalur antrian Single Rider

Kira kira itu dulu tips jalan - jalan ke Universal Studios Singapore agar dapat dinikmati dalam waktu satu hari. Semoga dapat membantu teman - teman yang akan liburan kesana. Apabila ada yang mau menambahkan, saya dengan senang hati akan menerimanya.

Sampai jumpa dijalan - jalan berikutnya....

Salam hangat dan tetap semangat....




Monday, December 3, 2012

Tes..Tes..

Okehh.. akhirnya gw bikin blog juga.. sebenernya gw bukan tipe orang yang suka nulis, tapi semenjak gw jadi tour leader dadakan di kantor dan emang gw pengen jalan-jalan dengan budget yang minim (alias murah) akhirnya gw jadi sering banget baca field report (FR) di forum traveling di kaskus sama baca blog orang tentang traveling, gw juga jadi kepengen buat sharing cerita-cerita perjalanan gw. siapa tau aja diluar sana banyak orang yang mau jalan-jalan sendiri tanpa ikut travel sehingga butuh banget banyak informasi mengenai tempat tujuan yang dia pergi.

Blog ini kemungkinan akan berisi cerita-cerita jalan-jalan gw sama mantan pacar tercinta tapi ga menutup kemungkinan ada juga cerita-cerita yang gue alami sehari-hari..

itu aja perkenalan dari gw (karena emang postingan yang ini cuma coba-coba aja sebelum gw mulai nulis cerita perjalanan gw) sampai bertemu diwaktu dan lain kesempatan....